DECEMBER 9, 2022
Berita

Penyuluhan Pupuk Organik dan Tanaman Obat Keluarga

post-img

Blog

Penyuluhan pupuk organik dan tanaman obat keluarga merupakan salah satu program kerja yang dirancang mahasiswa KKN-T IPB di Kabupaten Ciamis terutama di Desa Rawa, Kecamatan Lumbung. Penyuluhan tersebut dilaksanakan pada Kamis, 14 Juli 2022 berlokasi di Aula Kantor Desa Rawa. Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari kader PKK dan kelompok tani berjumlah sekitar 22 orang.

Penyuluhan pupuk organik dan tanaman obat keluarga ini diawali dengan pembukaan oleh MC dan dilanjutkan dengan sambutan dari koordinator desa KKN-T IPB 2022 yaitu Muhammad Mumtaz Farhan. Acara dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh perwakilan kepala desa yakni Bapak Kurniawan selaku Kepala Seksi Pemerintahan Desa Rawa.

Acara selanjutnya yaitu penyampaian materi mengenai pupuk organik oleh Alif Faturrahman Dewandono, dan dilanjutkan sesi tanya jawab. Setelah itu dilanjutkan penyampaian materi tentang tanamn obat keluarga yang disampaikan oleh Cut Maghfiratul Uchra disertai sesi tanya jawab.

Acara penyuluhan ini dilengkapi dengan praktik pembuatan pupuk organik padat dan cair serta praktik penanaman tanaman obat keluarga bersama peserta penyuluhan yang dipandu oleh Hasna Raihana Hanifah dan Halwa Nurqisma. Pupuk organik padat menggunakan bahan utama gulma dan kotoran kambing atau domba, sedangkan pupuk organik cair menggunakan bahan utama telur dan air kelapa muda. Di sisi lain, tanaman obat keluarga yang dibudidayakan pada penyuluhan ini adalah stevia, jawer kotok, lidah buaya, pohpohan, kunyit hitam, dan tambahan tanaman sayur yakni pakcoy. Output dari kegiatan penyuluhan ini adalah terciptanya pupuk organik yang ramah lingkungan dan murah, serta areal khusus tanaman obat keluarga yang berlokasi di depan sekretariat PKK.

Komentar

  • - Apabila ingin mengusulkan pertanyaan atau laporan, silahkan melalui link : SP4N LAPOR
  • - Dimohon untuk tidak melakukan SPAM, Terimakasih atas partisipasi anda.
  • - Galuh Nanjeur Ciamis Tangguh.


author-img_1

Kecamatan Lumbung

Penulis

Sinergi Membangun Kemandirian Ekonomi, Sejahtera untuk Semua.

About Us

The argument in favor of using filler text goes something like this: If you use arey real content in the Consulting Process anytime you reachtent.

Cart